Minggu, 22 November 2015

Telaga sidringo

Telaga Sidringo dari Wonoprio Mojotengah Reban 
Dikutip dari : Batang Galery 
 
Di perbatasan Kabupaten Batang dengan Banjarnegara ini terdapat potensi wisata yang luar biasa. Sidringo masih masuk wilayah Kabupaten Batang tepatnya Desa Mojotengah Kecamatan Reban. Jalur yang melewati daerah ini berpotensi menjadi jalur wisata. Tak menutup kemungkinan bahwa pengunjung yang berasal dari arah Pantura lebih memilih melewati daerah ini karena lebih dekat. Di jalur ini juga dapat dikembangkan outbond alam atau menara pandang karna di wilayah Kabupaten Batang di perbatasan ini merupakan perbukitan ilalang yang dapat dikembangkan sedemikian rupa hingga dapat menikmati indahnya Sidringo dari atas bukit. Tak jauh dari ini ada kawah Candradimuka dan Sumur Jalatunda yang masuk wilayah Banjarnegara
Bunga di Sekitar Sidringo

Sidringo dari atas bukit

Para Pemancing di Telaga Sidringo
Dalam KITLV Digital Media Library yaitu website perpustakaan seni dan pengetahuan Royal Netherlands Academy konten yang berjudul "Topographische kaart der afdeelingen Pekalongan en Batang van de residentie Pekalongan in 1 blad" memperlihatkan peta topografi kekayaan alam Pekalongan dan Batang yang saat itu masih tergabung dalam satu pemerintahan. 
Peta yang dibuat pada tahun 1913 itu memperlihatkan bahwa telaga Sidringo (dalam peta disebut Dringo) sebagian utara dan barat masih dalam wilayah Kabupaten Batang.
Posisi Telaga Dringo (Sidringo)

0 komentar:

Posting Komentar